23 Sept 2013

Disetiap akhir acara Talkshow Hitam Putih yang ditayangkan Trans7, Dedi Corbuzier selaku presenter hampir selalu menyelipkan sebuah quote sebagai penutupnya. Dan, dalam sebuah episode Dedi pernah mengatakan bahwa kunci tercapainya kesuksesan adalah SMART. Tentu semua setuju kalau ia bermakna pintar atau cerdas. Tetapi ijinkan saya mengurai huruf perhuruf dari kata S.M.A.R.T ini lebih dalam sebagai sebuah akronim.

S = Specific. Artinya terperinci. Untuk mencapai sukses, kita harus spesifik, apa mau kita. Tentukan dengan terperinci, jelas, dan divisualisasikan. Sebab ia akan menunjukkanmu arah dan tujuan yang ingin dicapai. Ungkapan seperti "Saya ingin jadi orang yang berguna bagi agama, nusa, dan bangsa!" itu teramat umum. pilih lah yang lebih spesifik, misalnya "Saya ingin jadi penulis" atau yang lainnya yang lebih spesifik.

M = Measurable artinya terukur. Ini jadi tolak ukur mampu tidaknya kita menggapai target kesuksesan. Adakah kita punya potensi disana, alat apa saja yang kita miliki untuk menyokong ambisi kita menjadi penulis sukses? hobi baca buku misalnya, atau suka menulis banyak hal meski cuma di buku diary atau apapun itu.

A = Achievable artinya dapat dicapai. Semakin mudah atau sederhana suatu keinginan tentu akan semakin besar peluangnya untuk tercapai. Tetapi jangan berhenti pada hal-hal yang kecil. Teruslah untuk bermimpi sepanjang kita merasa mampu untuk mencapainya.

R = Realistic artinya realistis. Punya impian setinggi Sidratul Muntaha boleh aja tapi ya itu tadi, harus realistis alias nyadar diri. Ungkapan "Saya pengen jadi Raja Inggris" misalnya.. nah ini impian yang berat banget :p Sekali lagi kita bebas menentukan target/impian kesuksesan, tapi parameternya tentu harus sesuai potensi yang ada padamu.

T = Time artinya jangka waktu. Maksudnya tetapkan deadline nya kapan. 2tahun, 3tahun, 4tahun dan seterusnya sesuai dengan kesulitan-kesulitan yang mungkin kita temui dalam mencapainya. Kita pengen sukses, tapi tak tahu kapan itu terjadi? what the hell it is :p Dengan memberikan jangka waktu, kita seperti terpacu untuk bisa mencapainya dengan sekuat tenaga. Misalnya, 2 tahun dari sekarang minimal saya sudah harus bisa menulis satu buku/novel. Nah dengan begitu tentu lebih membuat kita terpacu untuk segera catch the goal.

Nah itu dia sharing kita untuk kali ini, semoga secuil tulisan ini bisa buat kita mengangguk-angguk geleng-geleng tentang pentingnya mendesain kesuksesan sedari awal. Bagi kawan-kawanku yang baru saja berstatusisasi sebagai mahasiswa UNPAM, yuk dari awal masuk kuliah segera tetapkan target-target kesuksesanmu. Apapun mimpi kita, apapun keinginan kita, dengan ikhtiar & do'a maksimal serta membenahi banyak hal terutama soal “time” tadi insya ALlah kesuksesan itu nyata.

Tipsnya jauhi musuh bebuyutan bernama "kemalasan", "galau", dan "pacaran" :p dan berkumpullah dengan orang-orang sholeh, temen-temen LDK Imam misalnya *Promosay :) Kunjungi Stand kami sekarang juga.. *tambahparah

by: RAG

2 komentar

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar kami.
EmoticonEmoticon